CARA MEMBUAT RSS DENGAN FEEDBURNER

on Minggu, 12 September 2010

Pertama-tama saya menulis ini dikarnakan banyak orang yang ingin membuat RSS tetapi tidak tau cara membuatnya, maka dari itu saya akan memberi informasi kecil tentang cara membuat RSS gratis dengan feedburner. RSS adalah adalah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.



Singkatan RSS itu sendiri adalah Really Simple Syndication, yang berguna mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal. Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link dengan sebuah tombol bertuliskan XML atau RSS. Namun disarankan menggunakan RSS daripada XML agar tidak membuat kerancuan. Ada beberapa versi RSS, dan bahkan ada kelompok membuat format baru Atom yang juga telah diadopsi oleh banyak situs.
Karena itu kita juga bisa membuat RSS dengan gratis, cara membuatnya cukup mudah, hanya dengan mendaftar saja di feedburner. Berikut adalah informasi kecil tentang cara membuat dan mengelola RSS menggunakan feedburner.
Klik www.feedburner.com, lalu di bagian bawahnya (Start FeedBurning Now. Type your feed or blog URL below.) klik alamat website / blog anda dan klik next. Dihalaman selanjutnya akan ada tulisan Identify Feed Source pilih yang http://alamat-URL-anda/feed/ dan klik saja next. Isi username, password, password again, email address (alamat email anda) sesuai perintah dan tinggal klik Activate Feed. Nanti akan ada kiriman ke email anda untuk mengaktifkan feednya, lalu ada tulisan welcome dan jadi deh RSS anda.
  • Bagaimana cara menampilkan RSS diblog saya?
    Caranya mudah tinggal login dulu di http://www.feedburner.com/ dibagian pojok kanan atas yang ada tulisan sign in, lalu masukan Username dan Password, klik sign in, setelah itu klik Username anda di bagian bawah feed title. Di halaman berikutnya klik tab Publicize, dan bagian bawah services klik Chicklet Chooser. Lalu klik di bagian paling bawah yang bertuliskan active, tapi sebelum itu anda bisa mensetting bentuk RSSnya. Setelah diaktifkan, nanti akan ada tulisan aneh dibagian paling bawah, nah tulisan itu lalu dicopy paste di blog anda dibagian widget dan tambahkan teks. Di bagian teks itu tulis judul yang anda inginkan dan paste di teksnya.
  • Bagaimana cara orang lain berlangganan blog saya?
    Sama dengan yang diatas hanya saja kalau RSS diklik dibagian Chicklet Chooser sedangkan yang untuk berlangganan lewat email diklik di bagian Email Subscriptions dan klik active. Maka, akan ada tulisan juga seperti yang dibagian paling bawah, dan copy paste di teks blog anda.
Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...